Wednesday, September 19, 2007

Memilih Produk untuk dipasarkan di Internet

 
Dalam memilih produk yang akan dipasarkan di internet, kita disarankan untuk mengadakan market riset terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan bila Anda mencari produk yang akan dipasarkan, sedangkan bila Anda adalah produsen dari sebuah produk, tentunya media internet dapat dijadikan sebagai media pengembangan jaringan pemasaran, untuk meningkatkan penjualan.

Dalam mengadakan market riset, kita dapat membuka situs-situs yang sudah sukses dan mengamati kategori yang sudah ada, dibandingkan Anda harus membayangkan sendiri produk yang akan dipasarkan.

Situs penjualan lelang produk: www.ebay.com
Situs penjualan buku dan produk lainnya: www.amazon.com
Situs penjualan produk digital (ebook dan software): www.clickbank.com

Biasanya dalam situs tersebut, pemilik situs sudah membagi kategori produk yang dijual. Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda dalam menjalankannya. Dan kategori produk tersebut ada pada situs tersebut mencerminkan bahwa pasarnya sudah ada atau sudah ada orang yang membeli produk dalam kategori tersebut.

Setelah dilakukan pemilihan produk, selanjutnya Anda bisa melakukan ’cross check’ dengan beberapa tool di internet seperti:

Keyword suggestion tool
Google Suggest Labs
Keyword Selector Tool

Anda juga harus mempertimbangkan ketatnya persaingan dalam kategori produk tersebut, apakah kompetitor produk yang akan dipasarkan sudah terlalu banyak atau apakah produk Anda memiliki keunggulan terhadap produk yang sudah ada dan sedang dipasarkan di internet.

Untuk mengecek persaingan dapat melihatnya melalui search engine, dengan mengetikan kata kunci dalam kategori produk tersebut di Google

Anda dapat mempertimbangkannya dari jumlah website yang sudah ada dan berapa banyak pesaingan Anda yang memasang iklan Google Adwords pada kolom sebelah kanan.

Berdasarkan kombinasi dari hasil riset tersebut, Anda bisa menentukan kategori produk yang akan Anda pilih untuk Anda pasarkan.

Pemilihan kategori ini juga berlaku bila Anda memasarkan produk affiliate ( produk orang lain). 
Karena dalam pemasaran produk affiliate, tentunya Anda juga harus fokus memasarkan produk yang sama kategorinya tidak tercambur baur dengan kategori lainnya.

No comments: